Sunday, May 29, 2016

Lidah Buaya Bantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Kandungan mukopolisakarida acemannan serta fitosterol berperan dalam penurunan gula darah

Konsumsi makanan dengan kandungan gula yang tinggi dapat memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Apabila dibiarkan terus menerus, kadar gula darah yang tinggi dapat memicu munculnya penyakit diabetes. Tahukah Anda? Selain dengan mengurangi asupan makanan yang tinggi kandungan gula, cara menurunkan gula darah juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi lidah buaya.

Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah?


Betul sekali. Lidah buaya tidak hanya dapat digunakan sebagai tanaman obat untuk luka bakar dan produk kecantikan saja, tetapi juga dapat dikonsumsi. Peneliti telah menemukan khasiat lidah buaya yang ternyata memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah, sehingga dapat berguna untuk menangani kadar gula yang tinggi, terutama pada penderita diabetes.

Sebuah penelitian terbaru mengenai lidah buaya yang dipublikasikan pada Jurnal Planta Medica Natural (2012) menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak gel lidah buaya (dalam bentuk kapsul) sebanyak 2x sehari selama 2 bulan bagi para penderita diabetes dapat menurunkan glukosa darah puasa, HbA1c, kolesterol total, dan level LDL secara signifikan.

Sejauh ini, lidah buaya diketahui memiliki komponen mukopolisakarida acemannan serta fitosterol yang diduga berperan dalam penurunan gula dalam darah. Yup! Hasil ini tentunya sangat menjanjikan yaa bagi para penderita diabetes! Meskipun demikian, penelitian mengenai lidah buaya yang dipublikasikan belum banyak dan pembuktiannya masih terus dilakukan oleh para peneliti.

Konsumsi lidah buaya selain alami juga aman dikonsumsi baik secara langsung maupun dalam bentuk suplemen selama tidak berlebihan. Perhatikan takaran yang disarankan dan tetap konsultasikan jenis makanan Anda dengan ahli kesehatan sehingga gula darah tetap terjaga2.

Nah, sekarang sudah tahu kan manfaat lidah buaya dalam menurunkan gula darah? Tidak hanya menyegarkan dan dapat memperlancar sistem pencernaan, konsumsi lidah buaya dalam jumlah yang seimbang juga akan membantu menurunkan gula darah Anda. Choose your favourite foods wisely!


Sources:
  1. Anti-hyperglycemic and anti-hypercholesterolemic effects of Aloe vera leaf gel in hyperlipidemic type 2 diabetic patients: A randomized double-blind placebo-controlled clinical trial. 2012. Planta Med. 78:311-316.
  2. http://www.mayoclinic.org/drugs-supplements/aloe/safety/hrb-20058665

No comments:

Post a Comment